Jika
anda sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang IT atau masih baru bekerja
dalam dunia IT. Ada 10 rahasia yang tidak menguntungkan yang harus anda
ketahui, rahasia ini sebagian besar ditujukan untuk administrator jaringan,
manajer IT, dan profesional destkop support.
1. Profesional IT sering kali mnggunakan jargon
untuk menutupi kesalahanya
Banyak profesional IT menutupi kesalahan yang mereka lakukan dengan memberi penjelasan yang membingungkan kepada manajer non teknis, karena biasanya mereka tidak memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi. Sebagai contoh untuk memberitahu seorang manajer bisnis non teknis mengapa aplikasi keuangan tidak dapat dijalankan selama 3 jam, maka profesional IT mungkin akan mengatakan “Terjadi blue screen pada layar SQL yang menjalankan applikasi keuangan” padahal penyebab sebenarnya adalah update driver yang ia terapkan pada server tidak diuji terlebih dahulu.
2. Beberapa profesional IT mengembangkan
teknologi berdasarkan kemampuan dalam menjalankanya
Banyak
profesional IT yang memilih dan mengimplementasikan teknologi didasarkan pada
kemampuan dan seberapa bebas mereka dapat menggunakan atau menjalankanya, bukan
berdasar pada mana yang benar benar baik dan bermanfaat untuk bisnis itu
sendiri.
Sebagai contoh sebuah perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi Windows karena latar belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan lebih menggunakan Windows, padahal menggunakan sistem operasi Linux adalah solusi yang lebih baik.
Sebagai contoh sebuah perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi Windows karena latar belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan lebih menggunakan Windows, padahal menggunakan sistem operasi Linux adalah solusi yang lebih baik.
3. Para staff atau karyawan IT adalah hambatan
terbesar dalam menerapkan teknologi yang baru
Salah
satu kendala terbesar untuk migrasi ke teknologi yang baru adalah, tidak ada
persetujuan dari manajemen keuangan karena banyaknya biaya yang harus
dikeluarkan. Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan terbiasa menggunakan yang
sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya, ini bisa jadi hal yang baik karena
pekerjaan mereka tergantung dari kestabilan infrastruktur yang ada. Namun
mereka juga menggunakanya sebagai alasan untuk tidak menghabiskan waktu belajar
sesuatu yang baru.
4.
Anda akan banyak menghabiskan waktu dengan
teknologi lama dibandingkan dengan mengimplementasikan sesuatu yang baru
Hal yang
menarik bekerja dalam bidang IT adalah bahwa kita akan banyak bermain dengan
teknologi terbaru yang ada pada saat ini, namun tidak terjadi di sebagian besar
pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para profesional IT biasanya menghabiskan
waktu untuk menjaga dan merawat teknologi yang sudah ada sebelumnya.
5.
Vendor dan konsultan IT akan mengakui
kehebatanya ketika proyek berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan
jika proyek yang dijalankan gagal
Bekerja
dengan konsultan ITadalah bagian penting dari pekerjaan dan dapat menjadi salah
satu hal yang lebih menantang. Konsultan akan membantu memberi solusi untuk
anda dalam mengerjakan suatu proyek, dan ketika semuanya berjalan dengan baik
maka ini akan menjadi sebuah kerjasama yang baik.
Tetapi
anda harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang salah beberapa konsultan akan
menganggap bahwa andalah penyebabnya, dan mengklaim bahwa solusi yang mereka
berikan sudah benar dan bekerja baik pada perusahaan lain. Sebaliknya jika
proyek berjalan dengan lancar, mereka akan mengakui kehebatan dalam solusi yang
merke berikan dan mengabaikan pekerjaan besar yang telah anda lakukan untuk
menyesuaikan dan mengimplementasikan solusi untuk perusahaan anda.
6.
Anda akan sering diminta oleh rekan kerja
untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari pekerjaan
anda
Karena
anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena anda
adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta bantuan
dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana
menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja
karena mati lampu.
Beberapa
dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki.
Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit
dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu orang
lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus membantu dan
kapan harus menolaknya.
7.
Sertifikat tidak akan selalu menjamin
seseorang untuk menjadi karyawan yang baik
Manajer
sumber daya manusia pada sebuah perusahaan akan lebih tertarik untuk merekrut
seseorang yang bersertifikasi, karena dengan hal itu memudahkan departemen HR
(Human Resource) untuk menyeleksi calon pekerja dengan lowongan yang ada.
Sertifikasi
akan membuka karir anda lebih luas, menunjukkan bahwa anda orang yang
terorganisir, ambisius dan memiliki keinginan yang besar dalam memperluas
keahlian anda. Jika anda memiliki sertifikasi yang sesuai dengan keahlian anda,
maka hal itu akan menjadi nilai tambah dan nilai jual bagi anda. Namun pada
kenyataanya banyak pimpinan perusahaan yang mengeluh dengan teknisi yang dipekerjakan
berdasarkan sertifikasi.
Mereka
umumnya hanya memiliki skill dan kemampuan yang baik dalam bidangnya tetapi
tidak tahu bagaimana mengatur atau menangani masalah dengan cepat karena tidak
memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Maka sertifikat sebenarnya bukan satu
satunya indikator untuk mengukur seberapa baik seseorang dapat bekerja.
8.
Anda bisa menjadi orang yang paling dibenci
atau paling disegani oleh bawahan anda jika anda seorang manajer IT
Jika
anda dapat menangani suatu masalah yang dapat memperpanjang jam kerja bawahan
anda, maka anda bisa menjadi atasan yang disegani bagi mereka. Namun sebaliknya
jika anda tidak dapat menangani sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan atau
memperpanjang jam kerja bawahan anda, seperti tiba tiba saja koneksi jaringan
sedang down, maka mereka akan menganggap bahwa andalah penyebabnya.
9.
Anda akan disalahkan jika terjadi kesalahan
konyol pada pengguna komputer
Beberapa
pengguna komputer akan spontan melimpahkan kemarahanya ketika frustasi. Mereka
bisa saja meluapkanya kepada anda karena anda adalah seorang staff IT dengan
menyalahkan anda seperti “apa yang salah sama komputer ini?”, “komputer ini
rusak, kenapa masih dipasang!” atau “kamu apain komputernya?kenapa bisa jadi
begini”.
Padahal
kesalahannya adalah karena kecerobohan atau kelalaian dari mereka sendiri,
seperti ternyata mereka tidak sengaja mencabut kabel mouse dengan kaki mereka,
atau bahkan menumpahkan kopi mereka di keyboard komputer.
10.Bayaran di bidang IT lebih besar
dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat
mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
Kebutuhan
akan profesional IT akan terus meningkat bagi perusahaan, seriring
berkembangnya teknologi dalam bisnis dan kehidupan masyarakat. Karena bayaran
bagi profesional IT cukup besar, perusahaan sering kali menambah jam kerja anda
sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai bagian inti dari perusahaan.
Anda
bisa saja bekerja lebih dari 6 jam pada akhir pekan untuk menyebarkan
(deployment) update sebuah software, atau bahkan menerima telepon pada malam
hari untuk mengatasi jaringan yang bermasalah. Tidak ada kompensasi waktu
selama anda masih dibayar dengan baik.
=========================================================================
=========================================================================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar